KARYAWAN CU (CREDIT UNION) PANCUR KASIH MENGHADAPI TANTANGAN REFORMASI LAYANAN MELALUI TRANSFORMASI TEKNOLOGI INFORMASI DIGITAL

Authors

  • Joko Dwitanto Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.46880/jmika.Vol4No1.pp43-46

Keywords:

Credit Union, Reformasi Layanan, Tranformasi Teknologi Informasi Digital

Abstract

Penggunaan teknologi informasi dalam berbagai bidang kehidupan saat ini tidak terhindarkan lagi, sehingga suka tidak suka, siap atau tidak siap hal ini harus dihadapi termasuk kemampuan dan kesiapan dalam menghadapai perubahan yang terjadi. Sumber daya manusia terkena imbasnya atas perubahan tersebut sehingga SDM harus mampu dan mau meng-update diri. Teknologi dan SDM harus berjalan beriringan agar tidak ada gap yang terlampau jauh sehingga penerapan teknologi pada organisasi dapat dengan mudah dilakukan karena akan berdampak pada eksistensi organisasi secara keseluruhan terutama berkaitan dengan aktivitas pelayanan yang berkaitan dengan orang banyak. Metode penelitian ini dilakukan dengan descriptive/naratif research. Sampel karyawan CUPK berjumlah 30 orang plus anggota CUPK sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data berdasarkan persepsi yang disampaikan oleh responden melalui wawancara. Dari hasil wawancara menyimpulkan bahwa semua responden memiliki persepsi yang sama bahwa teknologi informasi berbasis online dapat meningkatkan kinerja karyawan dan mereka merasa siap menghadapi perubahan dan peralihan sistem kerja berbasis teknologi informasi digital dalam memberikan pelayanan terbaik pada anggota CUPK.

Published

2020-04-30

Issue

Section

METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputersisasi Akuntansi