ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI E-GOVERNMENT MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0

Studi Kasus: Website Simsarpras Kementerian Agama

Penulis

  • Frandika Septa Universitas Ahmad Dahlan
  • Rusydi Umar Universitas Ahmad Dahlan

Kata Kunci:

Analisis, E-Government, Regresi, SIMSARPRAS, WebQual 4.0

Abstrak

Layanan suatu lembaga pemerintah terhadap masyarakat melalui sitem informasi berbasis elektronik atau E-Government perlu dilakukan analisa terhadap kepuasan penggunanya, untuk mengetahui kualitas dari layanan sistem informasi tersebut, terutama jika layanan tersebut menjadi kebutuhan dan dianggap penting bagi perkembangan masyarakat. Penelitian ini melakukan analisis terhadap kualitas sebuah situs milik kementerian agama, yaitu website sistem informasi sarana dan prasarana (SIMSARPRAS). Penelitian dilakukan untuk mengetahui kualitas website SIMSARPRAS berdasarkan persepsi penggunanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah WebQual 4.0 dengan analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa secara parsial dan simultan seluruh dimensi dari metode WebQual 4.0 mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna dari website SIMSARPRAS. Koefisien regresi menunjukkan bahwa dimensi kualitas interaksi layanan memberikan nilai terbesar terhadap kepuasan pengguna dengan nilai 0,451. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa seluruh dimensi WebQual 4.0 mampu mempengaruhi kepuasan pengguna sebesar 64,8%, dan disimpulkan bahwa kualitas website SIMSARPRAS berkualitas baik.

Unduhan

Diterbitkan

2019-10-31

Terbitan

Bagian

METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputersisasi Akuntansi