PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PROMOSI DAN PEMASARAN SPARE PART BERBASIS WEB STUDI KASUS: PT. SUKA FAJAR PEKANBARU

Authors

  • Muhammad Afdal UIN Suska Riau
  • Hibatul Wafi UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.46880/jmika.Vol2No2.pp116-126

Keywords:

Pelayanan, Pengelolaan Data, Sistem Informasi Promosi, Pemasaran

Abstract

PT. Suka Fajar Pekanbaru merupakan salah satu perusahaan dealer resmi Mitsubishi di kota pekanbaru. Perusahaan ini mempunyai tiga kegiatan yang di tangani salah satunya spare part (penyediaan suku cadang kendaraan). Pelayanan perusahaan pada PT. Suka Fajar Pekanbaru terdapat permasalahan yang di antaranya adalah proses pengelolaan data penjualan belum maksimal. Sehingga pimpinan tidak dapat melihat data yang akurat dan tepat dari proses transaksi yang sudah terjadi atau berlangsung pada saat ini. Dalam pengelolaan data pelanggan yang di lakukan customer service data belum terintegrasi dengan bagian penjualan. Maka dari itu dibutuhkan suatu sistem informasi promosi dan pemasaran yang dapat mendukung kinerja tersebut secara real time dan lebih efektif. Fokus penelitian ini adalah untuk membuat sistem informasi promosi dan pemasaran spare part berbasis web. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall. Berdasarkan hasil pengujian sistem blackbox berjalan 100 % dengan baik dan UAT menunjukkan bahwa sistem yang dibuat 82,5% diterima dan dapat berjalan sesuai yang direncanakan pada rancangan yang telah dibuat.

Published

2018-10-31

Issue

Section

METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputersisasi Akuntansi