IMLEMENTASI METODE FORWARD CHAINING UNTUK MENGELOMPOKKAN OBJEK BERDEKATAN PADA SAME GAME

Authors

  • Nicco Goetama STMIK Time
  • Emma Rosinta Simarmata Universitas Methodist Indonesia
  • Christina N. M. Tobing STMIK Time

DOI:

https://doi.org/10.46880/jmika.Vol2No2.pp85-92

Keywords:

Forward Chaning, Same Game, Game

Abstract

Same game adalah salah satu jenis permainan komputer, dimana pemain dituntut untuk mencari dan menghilangkan sejumlah kotak sama yang berdekatan. Setiap kali pemain mengklik sebuah kotak, maka perangkat lunak harus mencari hubungan dari kotak tersebut ke kotak-kotak di sekelilingnya. Penulis merancang suatu aplikasi Same game yang menerapkan metode Forward chaining untuk mengelompokkan objek berdekatan yang sama. Perangkat lunak yang dirancang ini melakukan beberapa tahapan proses yaitu dimulai dari proses pengacakan posisi objek, proses penentuan posisi yang dapat dibuang, dan proses perhitungan nilai. Hasil dari penelitian ini adalah perangkat lunak Same game yang menerapkan konsep Forward chaining untuk mencari solusi.

Published

2018-10-31

Issue

Section

METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputersisasi Akuntansi