PERANCANGAN GAME VOKAL-KONSONAN DAN TEBAK HURUF BERBASIS GRAFIS

Authors

  • Renzi Tarigan Universitas Methodist Indonesia
  • Emma Rosinta Simarmata Universitas Methodist Indonesia
  • Mendarissan Aritonang Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46880/jmika.Vol2No1.pp51-62

Keywords:

Perancangan Game, Game Tebak Huruf, Game Vokal-Konsonan

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan intelegensia dari anak yang berhubungan dengan pengembangan logika, pengambilan keputusan, pengenalan terhadap objek dan bagaimana ia memanipulasi objek tersebut. Salah satu cara melatih daya ingat anak-anak adalah dengan diberikannya permainan seperti mencocokkan bentuk dan warna, game-game seperti scrabble, dan lain-lain. Selain dengan cara di atas saat ini media elektronik seperti komputer telah dapat digunakan untuk melatih daya ingat melalui game edukatif seperti game memory, game menebak gambar, dan game menebak kata. Dengan adanya permainan seperti ini ditambah lagi suatu perangkat lunak yang mengajarkan cara menyanyi maka diharapkan seorang anak dapat belajar sambil bermain sambil meningkatkan daya ingat. Selain dengan media lagu, kreativitas anak dapat digali dengan memainkan beberapa game edukatif seperti game memory, game menebak gambar, dan game menebak kata. Dengan adanya permainan seperti ini ditambah lagi suatu perangkat lunak yang mengajarkan cara menyanyi maka diharapkan seorang anak dapat belajar sambil bermain dan meningkatkan daya kreativitasnya. Hasil dari tulisan ini adalah suatu aplikasi yang dapat menghasilkan suatu lagu untuk anak-anak serta beberapa permainan untuk melatih daya ingat sehingga dapat meningkatkan fungsi otak kiri yang berkaitan dengan daya ingat.

Published

2018-04-30

Issue

Section

METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputersisasi Akuntansi