PENERAPAN ANALISIS SWOT PADA STRATEGI PEMASARAN LAYANAN POS EXPRESS PADA UNIT PT. POS INDONESIA PEMATANG SIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.46880/mtx.Vol3No1.pp39-42Keywords:
SWOT, Strengths, Weaknesses, Opportunities, ThreatsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penerapan analisis SWOT (strengths; weaknesses; opportunities; threats) pada strategi pemasaran layanan Pos Express pada unit PT. Pos Indonesia Pematang Siantar. Peneliti menggunakan teknik penelitian kualitatif dengan cara melakukan observasi dan wawancara pada perusahaan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Hasil penelitian menemukan sejumlah kekuatan, dan peluang yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan dalam penentuan strategi pemasaran jasa layanan pengiriman barang. Selain itu, perusahaan juga harus waspada dan berupaya untuk mengurangi dampak ancaman dari lingkungan eksternal, serta kelemahan-kelemahan perusahaan yang dapat menurunkan kinerja manajerial.