Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kuota Internet Telkomsel pada Mahasiswa Universitas Methodist Indonesia Medan

Authors

  • Jhon Hendrik Saragih Universitas Methodist Indonesia
  • Sondang N. B. Marbun Universitas Methodist Indonesia
  • Elperida J. Sinurat Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46880/mtx.Vol8No1.pp11-23

Keywords:

Citra Merek, Kesadaran Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian kuota internet Telkomsel (2)pengaruh kualitas Produk terhadap keputusan pembelian kuota internet Telkomsel (3)pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian kuota internet Telkomsel (dan (4) pengaruh citra merek, kualitas produk dan kesadaran merek secara simultan terhadap keputusan pembelian kuota internet Telkomsel. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penyebaran google form. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa SI Universitas Methodist Indonesia Stambuk 2020 yang masih aktif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 85 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)Terdapat pengaruh positif citra merek terhadap keputusan pembelian kuota internet Telkomsel, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 0.588 nilai signifikansi sebesar 0,017<0.05. (2)Terdapat pengaruh positif kualitas produk terhadap keputusan pembelian kuota internet Telkomsel, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 0.353 nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0.05. (3)Terdapat pengaruh positif kesadaran merek terhadap keputusan pembelian kuota internet Telkomsel, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 0.616; nilai signifikansi sebesar 0,000< 0.05. (4)Terdapat pengaruh citra merek, kualitas produk, dan kesadaran merek secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian kuota internet Telkomsel. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian diperoleh nilai F hitung sebesar 78.627dengan signifikansi sebesar 0,000<0.05.

Published

2025-03-01

Issue

Section

Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX