FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN DENGAN INFLASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2021
DOI:
https://doi.org/10.46880/mtx.Vol6No2.pp123-134Keywords:
Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, InflasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris dari inflasi dalam memoderasi likuiditas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021 yang telah memenuhi kriteria. 14 perusahaan yang dijadikan sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Analisis perangkat lunak yang digunakan adalah WarpPLS versi 8.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel rasio likuiditas, rasio profitabilitas, berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ukuran perusahaan. Inflasi mampu memoderasi (memperlemah) pengaruh rasio likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Sedangkan inflasi tidak mampu memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Santi Karolina Sitompul, Robinhot Gultom, Junika Napitupulu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.