FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN DENGAN INFLASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018-2021

Authors

  • Santi Karolina Sitompul Universitas Methodist Indonesia
  • Robinhot Gultom Universitas Methodist Indonesia
  • Junika Napitupulu Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46880/mtx.Vol6No2.pp123-134

Keywords:

Likuiditas, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, Inflasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris dari inflasi dalam memoderasi likuiditas, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021 yang telah memenuhi kriteria. 14 perusahaan yang dijadikan sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Analisis perangkat lunak yang digunakan adalah WarpPLS versi 8.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel rasio likuiditas, rasio profitabilitas, berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ukuran perusahaan. Inflasi mampu memoderasi (memperlemah) pengaruh rasio likuiditas dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Sedangkan inflasi tidak mampu memoderasi pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.

Published

2023-09-01

Issue

Section

Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX