FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERKUNJUNG KE DESTINASI WISATA SAMOSIR, DANAU TOBA, SUMATERA UTARA

Authors

  • Naca Perangin-Angin Universitas Mikroskil
  • Yola Yolanda Universitas Mikroskil

DOI:

https://doi.org/10.46880/mtx.Vol6No2.pp92-99

Keywords:

Lokasi, Citra Destinasi, Social Media Marketing, Minat Berkunjung

Abstract

Pulau Samosir adalah sebuah pulau yang terletak di tengah Danau Toba, Sumatera Utara, Indonesia. Danau Toba sendiri merupakan danau vulkanik terbesar di dunia, dan terletak di dataran tinggi Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang mempengaruhi minat berkunjung ke Destinasi Wisata Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh langsung dari responden yang berjumlah 90 responden. Kuesioner yang telah diisi responden dianalisis dengan metode analisis kuantitatif, selanjutnya digunakan SmartPLS sebagai alat uji analisis model pengukuran (Outer model) dan model struktural (Inner model). Hasil penelitian menyatakan lokasi tidak berpengaruh terhadap minat berkunjung, citra destinasi tidak berpengaruh terhadap minat berkunjung dan social media marketing berpengaruh terhadap minat berkunjung. Model penelitian ini adalah model moderate dimana nilai R square sebesar 0,579.

Published

2023-09-01

Issue

Section

Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX