PENGARUH HARGA, SUASANA, PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MINUM KOPI MEDAN JOHOR

Authors

  • Dewi Sri Natalia Universitas Methodist Indonesia
  • Winarto Winarto Universitas Methodist Indonesia
  • Tiur Rajagukguk Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46880/mtx.Vol4No1.pp55-64

Keywords:

Harga, Suasana, Promosi Penjualan, Kepuasan Konsumen

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menganalisis pengaruh harga, suasana, promosi penjualan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Minum Kopi Medan Johor. Sampel penelitian ini adalah 100 orang responden.Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data primer yang meliputi kuesioner dan wawancara, dan pengumpulan data sekunder yang meliputi studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan yaitu secara parsial, harga, suasana, promosi penjualan, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Minum Kopi Medan Johor. Secara simultan, harga, suasana, promosi penjualan, dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di Minum Kopi Medan Johor. Kemampuan variabel harga, suasana, promosi penjualan, dan kualitas pelayanan mempengaruhi variabel kepuasan konsumen (Y) sebesar 54.5%, sedangkan sisa sebesar 45.5% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, seperti kualitas produk, personal selling, citra merek, dan lainnya.

Published

2021-03-01

Issue

Section

Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX