METAPHORICAL CODING IN SELLING AND BUYING CONVERSATIONS

Authors

  • Vivi Novalia Sitinjak Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46880/methoda.Vol5No3.pp10-17

Keywords:

Metaphorical Coding, Buying, Sales, Conversations

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan metaphorical coding dari percakapan antara penjual dengan pembeli untuk barang yang tajan lama dan tidak tahan lama. Subjek penelitian ini ada empat orang; satu untuk penju`al dari barang yang tahan lama, satu untuk pembeli dari barang yang tahan lama, , satu untuk penjual dari barang yang tidak tahan lama, dan satu untuk pembeli dari barang yang tidak tahan lama. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitative khususnya metode survey. Data dihasilkan dari rekaman percakapan antara penjual dan pembeli, yang kemudian hasil rekaman itu ditrancrip.  Dari data analisis ditemukan bahwa, metaphorical coding untuk percakapan jual beli barang yang tahan lama mencakup moves, mood dan sppech function tetapi penggaplikasian moves lebih dominan pada clarification, mood didominasi oleh declarative dan speech function didominasi oleh statement. Sedangkan metaphorical coding untuk percakapan jual beli barang yang tidak tahan lama mencakup moves, mood dan speech function, tetapi moves didominasi oleh secondary knower, mood didominasi oleh elliptical declarative, dan speech function didominasi oleh question.

Downloads

Published

2015-12-31

Issue

Section

Majalah Ilmiah METHODA