PERANCANGAN PERANGKAT AJAR MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TATA TERTIB BERLALULINTAS BERBASIS WEB
Studi Kasus Pada Kantor SAMSAT Medan Utara - Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.46880/methoda.Vol7No3.pp6-14Keywords:
Teaching Device Design, Multimedia, WebAbstract
Rambu lalu lintas merupakan salah satu dari perlengkapan jalan yang berupa lambang, huruf, angka, kalimat dan atau perpaduan sebagai peringatan, larangan, perintah, atau petunjuk bagi pemakai jalan. Pada umumnya masyarakat harus mengetahui rambu-rambu lalu lintas dan isyarat gerakan-gerakan polisi pada saat bertugas mengatur lalu lintas bagi semua pengguna jalan, dikarenakan itu sangat penting bagi semua pengguna jalan agar mematuhi tata tertib berlalu lintas yang telah diterapkan. Masyarakat belum mengetahui terlalu banyak tentang rambu-rambu lalu lintas dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat akan hal pentingnya aturan lalu lintas dan kurangnya minat masyarakat untuk mempelajari dan memahami tentang aturan berkendara dan rambu-rambu lalu lintas yang sebagian mereka lihat dari slogan ataupun spanduk-spanduk yang kurang menarik. Sehingga pentingnya pengenalan tata cara/rambu-rambu lalu lintas dengan menggunkan program multimedia dan web karena lebih interaktif, berwarna dan lebih menarik serta dalam pemakaian web membantu masyarakat umum agar lebih cepat mengakses informasi dimana saja. Pemakaian program multimedia pada kantor samsat dalam pengenalan tata cara/rambu-rambu lalu lintas belum diterapkan hanya berupa gambar dan tulisan yang dimuat dalam sebuah buku panduan berlalu lintas.