SISTEM INFORMASI TRANSPORTASI AIR BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)

Authors

  • Cinta Sinaga Universitas Methodist Indonesia
  • Indra M. Sarkis S. Universitas Methodist Indonesia
  • Samuel Van Basten Manurung Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46880/methoda.Vol8No1.pp27-35

Keywords:

Customer Relationship Management, SMS, Water Transportation

Abstract

Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir merupakan pendorong utama terwujudnya pembangunan juga kebutuhan sarana, prasarana dan fasilitas. Saat ini proses pengolahan data transportasi air masih dilakukan secara manual. Tidak hanya di proses pengujian saja, proses pengolahan data masih meliputi komponen lainnya seperti pembayaran pajak masih dilakukan secara manual seperti halnya dengan proses pengujian standarisasi dan masa berlaku kapal tersebut. Untuk menangani masalah-masalah tersebut dimanfaatkanlah sistem informasi dengan membuat sebuah sistem yang mencakup proses pengolahan data pengujian transportasi air dan pembayaran pajak transportasi air tersebut yang dimana akan dikombinasikan dengan konsep atau pemodelan Customer Relationship Management yang dimana sistem ini akan memberitahukan notifikasi pemberitahuan masa berlaku transportasi air seperti kapal kepada pemiliki trasnportasi air tersebut untuk melakukan uji kembali di Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir lewat SMS agar dapat terhindar dari kecelakaan. Selain notifikasi masa uji berlaku kapal, terdapat juga notifikasi untuk pemberitahuan kepada pemilik kapal untuk membayar pajak tepat waktu agar pendapatan dari pajak untuk dinas perhubungan tidak tersendat dan membantu pemilik kapal untuk membayar pajak tepat pada waktunya. Jadi dengan adanya Customer Relationship Management ini maka Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir akan lebih mudah untuk menangani pendataan transportasi air dan mengingatkan masa berlaku kapal dan pembayaran pajak sebelum tanggal berakhir.

Published

2018-04-30

Issue

Section

Majalah Ilmiah METHODA