PENERAPAN KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT MONITORING DAN EVALUASI SEKOLAH DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN KAB. TOBA SAMOSIR
DOI:
https://doi.org/10.46880/methoda.Vol8No2.pp36-45Keywords:
Customer Relationship Management, WebAbstract
Saat ini konsep Customer Relationship Management sangat penting untuk meningkatkan pelayanan hubungan antara sekolah dan pihak yang bersangkutan serta memberikan informasi yang diperlukan oleh sekolah. Manfaat penerapan Customer Relationship Management pada perusahaan adalah untuk mempertahan pelanggan lama dan mendapatkan pelanggan baru. Peneliti ini mengimplementasikan Customer Relationship Management pada Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir. Dimana belum tersedianya system informasi berbasis web pada Dinas Pendidikan, Sistem informasi yang dilakukan Dinas Pendidikan masih manual. Dengan ini konsep Customer Relationship Management sangat perlu diterapkan pada Dinas Pendidikan, yang bertujuan agar memudahkan pihak Dinas Pendidikan dalam menyampaikan informasi pada Sekolah dan Dinas Pendidikan kabupaten Toba Samosir dapat merespon dan mengetahui setiap aktivitas Sekolah, Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode waterfall dan perancangan sistem yang dilakukan adalah menggunakan Data Flow Diagram (DFD), Aplikasi ini juga dibuat dengan menggunakan Bahasa Pemograman PHP database MySQl. Dengan adanya aplikasi ini sehingga memudahkan pihak Dinas Pendidikan dalam memberikan informasi dan Mengevaluasi, sehingga informasi yang disampaikan lebih efisien dan akurat kepada Sekolah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Universitas Methodist Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.