PENERAPAN KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT MONITORING DAN EVALUASI SEKOLAH DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN KAB. TOBA SAMOSIR

Authors

  • Renita Sirait Universitas Methodist Indonesia
  • Indra M. Sarkis Simamora Universitas Methodist Indonesia
  • Yolanda Yulianti Pratiwi Rumapea Universitas Methodist Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46880/methoda.Vol8No2.pp36-45

Keywords:

Customer Relationship Management, Web

Abstract

Saat ini konsep Customer Relationship Management sangat penting untuk meningkatkan pelayanan hubungan antara sekolah dan pihak yang bersangkutan serta memberikan informasi yang  diperlukan oleh sekolah. Manfaat penerapan Customer Relationship Management pada perusahaan adalah untuk mempertahan pelanggan lama dan mendapatkan  pelanggan baru. Peneliti ini mengimplementasikan Customer Relationship Management pada Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Samosir. Dimana belum tersedianya system informasi berbasis web pada Dinas Pendidikan, Sistem informasi yang dilakukan Dinas Pendidikan masih manual. Dengan ini konsep Customer Relationship Management sangat perlu diterapkan pada Dinas Pendidikan, yang  bertujuan agar memudahkan pihak Dinas Pendidikan dalam menyampaikan informasi pada Sekolah dan Dinas Pendidikan kabupaten Toba Samosir dapat  merespon dan mengetahui setiap aktivitas Sekolah, Metode yang  digunakan dalam perancangan ini adalah metode waterfall dan perancangan sistem yang dilakukan adalah menggunakan Data Flow Diagram (DFD), Aplikasi ini juga dibuat dengan menggunakan Bahasa Pemograman PHP database MySQl. Dengan adanya aplikasi ini sehingga memudahkan pihak Dinas Pendidikan dalam memberikan informasi dan Mengevaluasi, sehingga informasi yang disampaikan lebih efisien dan akurat  kepada Sekolah.

Published

2018-08-31

Issue

Section

Majalah Ilmiah METHODA