DIGITALISASI AKSES SISTEM LAYANAN TERPADU UNTUK ANAK STUNTING DI DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA DI KOTA MEDAN BERBASIS MOBILE

Penulis

  • Hermon Ansfrid Dasarta S Silalahi Universitas Methodist Indonesia
  • Marlyna Infryanty Hutapea Universitas Methodist Indonesia
  • Jamaluddin Jamaluddin Universitas Methodist Indonesia

Kata Kunci:

Android, Pelayanan Stunting, Metode Waterfall, Digitalisasi Layanan Stunting

Abstrak

Aplikasi Digitalisasi Akses Layanan stunting merupakan aplikasi yang dirancang untuk membantu membangun pusat pelayanan stunting di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Medan. Selain itu, untuk membantu petugas pelayanan dalam melakukan proses pendataan. Masalah yang dihadapi adalah proses pendataan dan pengarsipan tim pelayanan stunting yang masih belum terkomputerisasi, agar tim pelayanan stunting tidak mengalami kesulitan dalam hal penginputan data, karena pendataan dan pengarsipan data yang masih manual mengakibatkan sering terjadi penginputan data ulang pada yang sama sehingga data menjadi tidak valid. Tujuan dibuat aplikasi ini yakni memudahkan petugas dalam proses pendataan, dan membantu masyarakat dalam memantau pertumbuhan anak yang terkena stunting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, adalah metode waterfall. Metode Waterfall merupakan metode sederhana. Metode ini menggunakan pendekatan menyeluruh dan urut dimulai dari level kebutuhan sistem lalu menuju ke tahapan analisis, desain, coding, testing atau verification dan maintenance. Hasil yang diharapkan yaitu agar memudahkan Dinas Keluarga Berencana dalam melakukan pendataan dan pelayanan serta membantu membangun pusat pelayanan stunting yang Cepat, Tepat dan Akurat

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Terbitan

Bagian

TAMIKA: Jurnal Tugas Akhir Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi