Analisa Perputaran Pelanggan Xyz Gym Dengan Pendekatan Machine Learning

Penulis

  • Indra Kelana Jaya Universitas Methodist Indonesia
  • Febriyanti Nainggolan Universitas Methodist Indonesia
  • Yolanda Rumapea Universitas Methodist Indonesia

Kata Kunci:

Gym, Churn, SVM, Machine LEarning

Abstrak

Gym Center merupakan sebuah pusat kebugaran yang bersifat jasa menyediakan pelayanan dan fasilitas di dalamnya, dituntut dapat memberikan kepuasan kepada para pengguna jasa tersebut yaitu member atau non member. Pelayanan dan fasilitas gym center adalah sebuah point penting dalam berdirinya gym center. Pada gym xyz terjadi pelanggan yang berhenti dan meninggalkan layanan yang telah diberikan. Perilaku pelanggan yang meninggalkan layanan yang diberikan gym disebut sebagai churn. Oleh karena itu perlu dilakukan langkah untuk mengetahui churn pada perusahaan gym ini dengan menggunakan sebuah metode dari Machine Learning. Dalam penelitian ini menggunakan 2 kategori pelangan berlangganan dan pelanggan tidak berlangganan setelah dilakukan analisa dengan menggunakan pendekatan machine learning dengan menggunakan metode support vector machine menghasilkan nilai akurasi sebesar 79% untuk kembali berlangganan.

Diterbitkan

2024-01-29