Perancangan Aplikasi Objek Wisata di Kabupaten Toba dengan Algoritma A* Berbasis Mobile dan SIG

Penulis

  • Tuppal Pasaribu Universitas Methodist Indonesia
  • Alfonsus Situmorang Universitas Methodist Indonesia
  • Harlen Gilbert Simanullang Universitas Methodist Indonesia
  • Arina Prima Silalahi Universitas Methodist Indonesia

Kata Kunci:

Algoritma A* (A-Star), Kabupaten Toba, Objek Wisata, Sistem Informasi Geografis, Android

Abstrak

Kabupaten Toba memiliki berbagai jenis objek wisata yang berpotensi. Permasalahan yang terjadi adalah untuk pencarian rute terpendek pada objek wisata yang ada pada Kabupaten Toba dengan menggunakan Algoritma A*. Algoritma A* merupakan algoritma komputer yang menggunakan estimasi jarak dengan menggunakan pencarian jalur terdekat untuk mencapai tujuan dan memiliki fungsi heuristik yang digunakan sebagai dasar pertimbangan untuk menentukan pilihan sejumlah alternatif untuk mencapai sasaran dengan efektif. Penelitian ini mengembangkan sebuah sistem yang dapat memuat rute terpendek wisata dan dapat menghitung jarak tempuh dengan menggunakan Algoritma A*. Berdasarkan implementasi dari Algoritma A* yang diterapkan pada sistem berbentuk sebuah aplikasi android dengan hasil diperoleh dari sistem dibuat yaitu dapat melakukan pencarian rute terdekat objek wisata. Didukung oleh sumber daya alam dan keindahan Danau Toba, sektor pariwisata merupakan sektor potensial yang menjadi andalan di Kabupaten Toba. Jumlah Wisatawan Datang ke Kabupaten Toba tahun 2015 terhitung 114.594 wisatawan; terdiri dari 11.828 wisatawan mancanegera, dan 102.766 wisatawan domestic.

Diterbitkan

2022-10-30