Analisis Sentimen Cuitan di Terhadap Kawasan Wisata Danau Toba Dengan Metode Naïve Bayes
Keywords:
Twitter, Sentiment Analysis, Naïve Bayes, R-Studio, RapidminerAbstract
Teknologi yang semakin berkembang pesat memudahkan berbagai urusan dalam bentuk digital. Sosial media adalah salah satu yang memudahkan dalam berbagaiaspek di dunia digital. Saat ini berbagai hal telah dibicarakan dalam berbagai platform sosial media, salah satunya adalah dalam sosial media Twitter. Sentimen analisis adalah salah satu contoh pemanfaatan sosial media yang banyak dilakukan saat ini. Sentimen analisis ini berguna untuk mengetahui pendapat berbagai macam orang dalam suatu topik atau isu. Danau toba sebagai tempat wisata yang sedang dipandang oleh berbagai kalangan sebagai tempat wisata prioritas menjadi salah satu yang paling banyak dibicarakan di media sosial. Oleh karena itu dibuat sentiment analisis terhadap Kawasan wisata Danau Toba dengan cara skoring atau pemberian nilai di tiap katanya. Naïve Bayes Classifier juga akan diterapkan dalam klasifikasinya. Klasifikasi Naïve Bayes akan bekerja berdasarakan pengalaman sebelumnya, dimana data tweet yang telah diberi label Positif, Negatif, dan Netral akan dilabeli Kembali dengan bantuan Aplikasi Rapidminer untuk. Akurasi dari sistem juga akan di uji dengan 10-Fold Cross Validation dan Naïve Bayes dengan aplikasi Rapidminer. Dari sistem Analisis sentimen menggunakan skoring yang telah dibuat, didapat hasil akurasi sebesar 74,57%, Recall 75,31% dan Precision 71,05%.