PEMASARAN BAWANG MERAH

Isi Artikel Utama

Berton E. L. Tobing
Donny Ivan Samuel Simatupang
Benaris Situmorang

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran, fungsi-fungsi pemasaran, besarnya keuntungan dan ratio, biaya pemasaran, margin pemasaran, distribusi margin pemasaran untuk biaya dan keuntungan serta bagian harga jual ditingkat produsen (farmer share) dan pedagang perantara (middleman) bawang merah di daerah penelitian, dan tingkat efisiensi masing-masing saluran pemasaran bawang merah di daerah penelitian. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive (sengaja) di desa Simamora Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatera Utara. Metode penentuan sampel produsen adalah simple random sampling dan pedagang perantara adalah snowball sampling dengan jumlah masing-masing sampel adalah 30 orang produsen dan 7 orang pedagang. Metode analisis data secara deskriptif dan perhitungan matematis untuk menganalisis keuntungaan dan ratio keuntungan, biaya pemasaran, margin pemasaran, farmer share, dan efisiensi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Saluran pemasaran bawang merah di Desa Simamora terdiri dari dari 2 saluran yaitu saluran I : Produsen Bawang Merah Desa Simamora – Pedagang Pengumpul Desa Simamora – Pedagang Besar Sibolga – Pengecer Sibolga – Konsumen. Saluran II : Produsen Desa Simamora – Pedagang Pengecer Nainggolan – Konsumen. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan setiap lembaga pemasaran, antara lain fungsi pertukaran, fungsi fisik, dan fungsi fasilitas. Pada saluran I, keuntungan sebesar Rp 19.664,39/kg dan ratio keuntungan rata-rata sebesar 973 %, biaya pemasaran sebesar Rp 3.355,61/kg, margin pemasaran sebesar Rp.23.000/Kg. Selanjutnya, Pada saluran II Keuntungan sebesar Rp 4.339,55/kg dan ratio Keuntungan rata-rata sebesar 549,46%, biaya pemasaran sebesar Rp.600,45/kg, margin pemasaran sebesar Rp 5.000/kg. Saluran pemasaran di daerah penelitian tidak efisien dimana EP pada saluran I sebesar 6,33%, dan EP pada saluran II sebesar 1,50 %.

Rincian Artikel

Bagian
Articles