Analisis Respons Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik dengan Menggunakan Metode K-Medoids

Penulis

  • Febby Wanda Hutabarat Jurnal
  • Indra Kelana Jaya UNIVERSITAS METHODIST INDONESIA
  • Harlen Gilbert Simanullang UNIVERSITAS METHODIST INDONESIA

Kata Kunci:

Pelayanan Akademik, K-Medoids Clustering, Python

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis metode K-Medoids Clustering dalam mengelompokkan data respons mahasiswa terhadap pelayanan akademik Fakultas Ilmu Komputer Universitas Methodist Indonesia. Data respon mahasiswa diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa perangkatan dari tahun 2020 sampai 2022. Indikator pelayanan akademik termasuk Keandalan(Reliability), Daya Tanggap(Responsiviness), Kepastian(Assurance), Empati, Tangible (Berwujud). Data diproses dan dipreparasi sebelum analisis dengan K-Medoids diimplementasikan secara manual dan pengujian sistem dengan Python. Data dikelompokkan menjadi 3 cluster yaitu Puas, Cukup dan Tidak Puas. Data respon mahasiswa yang diolah dalam penelitian ini sebanyak 200 data mahasiswa. Hasil penelitian dapat diperoleh setelah melakukan proses penelitian sebanyak 3 iterasi yang mana hasil dari setiap kelompok yaitu cluster Puas sebanyak 97 data mahasiswa, cluster Cukup sebanyak 39 data mahasiswa, cluster Tidak Puas sebanyak 72 data mahasiswa. Hasil masing-masing cluster memperoleh persentase diantaranya cluster Puas sebesar 48.5%, cluster Cukup sebesar 19.5%, dan cluster Tidak Puas sebesar 36%.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-06