Fuzzy Service Quality Analisa Kepuasan Pelanggan di Restoran "Beauty in The Pot" Menggunakan Metode Fuzzzy Service Quality
Kata Kunci:
Beauty in The Pot, fuzzy, Service Quality, Kepuasan Pelanggan, Food and BeverageAbstrak
Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat di industri food and beverage, restoran "Beauty in The Pot" mengusung konsep yang unik dan khas merupakan salah satu cara untuk menghadapi persaingan, tetapi persaingan juga sangat mengandalkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan yang diberikan oleh restoran “Beauty in The Pot” dan menentukan atribut yang perlu ditingkatkan. Metode fuzzy service quality digunakan untuk mengurangi ketidakpastian responden dalam memberikan nilai persepsi dan harapan dalam service quality. Dari hasil penelitian, terdapat 8 atribut yang masih memiliki gap negatif dari total 24 atribut dalam 5 dimensi yang diukur. Terdapat 1 dimensi, yaitu responsiveness sebesar -0.0006, yang memiliki gap negatif yang perlu diperhatikan. Sementara itu, dimensi reliability, empathy, tangibles dan assurance memiliki gap positif dengan nilai masing-masing sebesar 0.0028, 0.0012, 0.0003, dan 0.0002. Analisis kepuasan pelanggan ini dapat membantu restoran "Beauty in The Pot" untuk merencanakan tindakan perbaikan kualitas pelayanan.