Penerapan Data Mining Penjualan Sparepart Kendaraan Menggunakan Algoritma Apriori Pada PT. MPM
Kata Kunci:
Pola Penjualan, Apriori, PT NPM, Data MiningAbstrak
PT Mitra Pinasthika Mustika adalah perusahaan penjual sepeda motor honda dan sparepart asli honda. Dengan banyaknya jenis barang yang ada pada PT Mitra Pinasthika Mustika, tentunya akan membuat pihak manajemen mengelola stok barang mana saja yang sering dibeli dan dibeli bersamaan, dimana hal tersebut akan mempengaruhi persediaan. Selain itu, data transaksi penjualan yang selalu dicatat, semakin lama akan semakin menumpuk sehingga data tersebut hanya sebagai arsip yang kurang bemanfaat. Untuk itu, pada penelitian ini akan diterapkan ilmu Data Mining sehingga penumpukan data dapat dimanfaatkan dengan lebih baik dan berguna bagi pihak perusahaan. Dari data-data transaksi penjualan maka akan digali informasi yang dapat menemukan hal baru yang dapat membantu dalam menganalisis pola penjualan dan keterkaitan barang yang dibeli pelanggan. Hal ini mendorong pemanfaatan cabang ilmu untuk mengatasi masalah penggalian informasi atau pola yang penting atau menarik dari data dalam jumlah besar, yang disebut dengan data mining, pada permasalahan ini algoritma yang digunakan adalah Apriori. Hasil penelitian ini adalah terciptanya sebuah aplikasi Data Mining dengan Penerapan Metode apriori dalam menganalisis pola penjualan pada PT MPM, sehingga membantu dalam mengolah data transaksi menjadi bermanfaat dan pihak bengkeljuga dapat mengerti pengelolaan barang sesuai penjualan yang terjadi