Analisa Persepsi Mahasiswa FIKOM Di Universitas Methodist Indonesia Terhadap Pelayanan Tenaga Pendidik Menggunakan User Centered Design
Kata Kunci:
Persepsi mahasiswa, User Centered Design, User interface, Pelayanan, Tenaga PendidikAbstrak
Pada saat ini perkembangan tekonologi tanpa batas karena tuntutan kualitas produk suatu aktivitas dalam era globalisasi semakin tinggi. Dunia pendidikan dituntut harus dapat memiliki output berupa sumber daya manusia yang berkualitas. dengan kualitas. Figur dosen yang ideal menurut persepsi beberapa mahasiswa adalah dosen yang ramah, murah senyum, menarik dan bervariasi dalam menyampaikan materi, dapat mengendalikan emosi, datang tepat waktu, tidak mementingkan kepentingan pribadi, memberikan waktu di luar jam kuliah untuk konsultasi, menjalin interaksi sosial yang baik dalam proses belajar mengajar maupun di luar kelas, mampu menyampaikan materi dengan jelas dan mudah dipahami serta dapat memicu motivasi belajar mahasiswa. Dalam kenyataannya masih banyak pendidik dalam hal ini dosen yang memiliki kinerja rendah terlihat dalam melaksanakan tugas sebagai pengajar tidak berbekal pada persiapan perangkat mengajar seperti: analisis materi perkuliahan, satuan pembelajaran, rencana pembelajaran dan sebagainya. Metode yang akan digunakan pada kasus ini adalah metode User Centered Design. User Centered Design merupakan paradigma baru dalam pengembangan sistem yang berfokus pada kebutuhan pengguna. Perancangan berbasis pengguna (User Centered Design) adalah istilah yang digunakan untuk untuk menggambarkan filosofi perancangan. Konsep dari UCD adalah user sebagai pusat dari proses pengembangan sistem, dan tujuan/sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari pengalaman pengguna. Aplikasi ini akan dapat digunakan mahasiswa untuk melakukan penilaian pada dosen secara objektif dengan pertanyaan-pertanyaan yang ada dan dapat melihat nilai dosen tersebut dari penilaian mahasiswa yang telah memberikan nilai.