SEGMENTASI PELANGGAN ONLINE DENGAN METODE K-MEANS CLUSTERING

Authors

  • Herian Daulat Silalahi Universitas Methodist Indonesia
  • Doli Hasibuan Universitas Methodist Indonesia
  • Marzuki Sinambela Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Segmentasi, Pelanggan Online, K-means Clustering

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar konsumen Online terdiri dari tiga segmen yang umumnya digunakan yaitu: Pola segmentasi Dasar Komunikasi, pada segmen konsumen inilah yang menggunakan internet terutama untuk berkomunikasi via e-mail, maka segmen Commerce atau belanja di segmen ini. konsumen yang menggunakan internet dan melihat-lihat toko online dan segmen ketiga hubungan sosial dan kesenangan, di segmen konsumen inilah yang memanfaatkan internet menggunakan fitur interaktif untuk berinteraksi dengan cara chatting, video streaming, dan mendownload Keterbatasan meliputi data yang dikumpulkan melalui survei yang informasinya berasal dari internet, sehingga dibutuhkan pandangan pihak lain yang bukan pengguna tapi pengamat bisnis online yang memiliki pendapat lain mengenai segmentasi ini. Nantinya segmentasi ini sebenarnya masih bisa dipecah menjadi beberapa sub segmen, selaku usaha penelitian lanjutan.

Downloads

Published

2023-04-30

Issue

Section

##section.default.title##