CRM, Loyalitas Pelanggan Sistem Informasi Layanan Laundry Dengan Pendekatan Operasional Customer Relationship Management Berbasis Web (Studi Kasus: Sinta Clean Laundry)

Penulis

  • pujaria marlina hutajulu Universitas Methodist Indonesia
  • Edward Rajagukguk
  • Jhoni Maslan Hutapea

Kata Kunci:

CRM, Loyalitas pelanggan, Kualitas Pelayanan

Abstrak

Sinta Clean Laundry adalah usaha yang bergerak dibidang penjualan jasa yang menyediakan layanan mencucian dan merawat pakaian, beralamat di Jalan Abdul Wahab No.39, Desa/Kelurahan Sawangan, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat. Untuk membantu meningkatkan kualitas dan loyalitas terhadap pelanggan pada Sinta Clean Laundry, diciptakan website layanan laundry dengan penerapan Customer Relationship Management.  Manfaat penerapan CRM adalah membantu menjaga pelanggan yang sudah ada dan mendapatkan pelanggan baru. Dalam penelitian ini penulis mengimplementasikan CRM dalam sebuah sistem informasi layanan laundry. Jenis CRM yang digunakan dalam perancangan ini adalah Operasional CRM. Aplikasi ini juga dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan Sinta Clean Laundry dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan retensi pelanggan, serta meningkatkan efesiensi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Terbitan

Bagian

##section.default.title##