Optimalisasi Manajemen Lapangan Futsal Melalui Pendekatan Enterprise Resource Planning (ERP)(Studi Kasus : Lapangan Point Futsal Medan)

Penulis

  • Jhon Fernando Sirait
  • Yolanda Rumapea
  • Doli Hasibuan

Kata Kunci:

Reservasi, Manajemen, ERP

Abstrak

Point Futsal memiliki jadwal yang padat dengan reservasi yang bervariasi, seperti reservasi untuk latihan, fun match ,dan event turnamen yang biasa nya rutin diadakan setiap minggu nya. Namun karena proses pemesanan lapangan dan mengelola jadwal reservasi masih di lakukan secara manual, dimana pelanggan yang ingin memesan lapangan harus datang secara langsung di Point Futsal, akibat nya proses tersebut memakan waktu lebih banyak, dan rentan terhadap kesalahan, seperti double booking atau miskomunikasi dengan pelanggan. Oleh sebab itu diimplementasikan manajemen lapangan futsal dengan mudah di kelola dengan menggunakan pendekatan Enterprise Resource Planning (ERP). Berdasarkan hasil pengujian melalui pendeketan ERP dapat meningkatkan efisiensi operasional di Point Futsal. Sistem reservasi yang terintegrasi dan otomatis, proses pemesanan lapangan, pembuatan jadwal, pembuatan laporan menjadi lebih cepat dan akurat. Dengan fitur-fitur seperti pemilihan jadwal secara real-time, pembayaran yang terintegrasi dengan virtual account API Midtrans serta invoice bukti pembayaran dikirim melului email, membuat pelanggan memiliki kendali penuh atas proses reservasi mereka, yang pada akhirnya meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap Point Futsal.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Terbitan

Bagian

##section.default.title##