Peran Game Komputer dalam Computer Assisted Language Learning
Kata Kunci:
Games Komputer, Video Games, Edukasi, CALL (Computer Assisted Language Learning)Abstrak
Para pendukung game komputer menyerukan penggantian sekolah konvensional dengan aktivitas pendidikan yang berbasis pada game komputer. Pernyataan-pernyataan ini juga muncul dan berkembang pada penelitian yang dipublikasikan mengenai game untuk pembelajaran dan kemudian mengarah pada adanya kebijakan. Penelitian lanjutan menunjukkan bahwa fitur game yang paling menjanjikan adalah menggunakan bahasa percakapan, memasukkan kata-kata dalam bentuk lisan, menambahkan perintah untuk menjelaskan, menambahkan saran atau penjelasan, dan menambahkan aktivitas pada game yang relevan. Penelitian dengan konsekuensi kognitif menunjukkan bahwa game first-person shooter meningkatkan keterampilan perhatian dan persepsi. Penelitian perbandingan media menunjukkan bahwa game lebih efektif daripada media konvensional untuk pembelajaran sains. Namun, revolusi pendidikan berbasis game tidak diindikasikan. Implikasi kebijakannya adalah menggunakan game untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditargetkan, menyelaraskan game dengan aktivitas kelas, menghindari kebingungan antara menyukai bermain game dan belajar, dan menggunakan game untuk menyesuaikan aktivitas guna mempertahankan target belajar. Bukti penelitian menginformasikan pengambilan keputusan tentang game yang edukatif.