A Analisis Tata Kelola Teknologi Infomasi Pada Sub Bagian Analisis Data Dinas Pariwisata Kota Medan Menggunakan Framework COBIT 2019

Analisis Tata Kelola Teknologi Infomasi Pada Sub Bagian Analisis Data Dinas Pariwisata Kota Medan Menggunakan Framework COBIT 2019

Penulis

  • Tasya Exaudya Situmeang Universitas Methodist Indonesia
  • Fati Gratianus Nafiri Larosa Universitas Methodist Indonesia
  • Jimmy Febrynus Naibaho Universitas Methodist Indonesia

Kata Kunci:

Analisis Layanan, COBIT 2019, EDM04, BAI05, Rekomendasi

Abstrak

Analisis layanan dilakukan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penelitian. Untuk menanggulangi hal tersebut, perlunya sebuah mekanisme manajemen pengelolaan perubahan/penyesuaian, manajemen risiko dan pengendalian proyek keamanan sistem pengguna terkait dengan nilai dari operasional serta layanan yang dicapai oleh sebuah Dinas Pariwisata atau organisasi sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dengan menggunakan kerangka kerja  COBIT 2019.  Dari hasil perhitungan analisis tingkat kemampuan (capability level) nilai yang didapat pada EDM04 3 dan BAI05 3, sedangkan untuk hasil analisis tingkat kesenjangan (Gap Analysis) didapati pada EDM04 1 dan BAI05 2, dengan  index capability levels rating adalah Largely Achieved yang berarti masuk dalam persentase 50-80% dan selanjutnya dapat dilanjutkan pada Fully Achieved atau penyempurnaan, maka dari hasil ini peneliti melakukan peningkatan melalui index rata-rata masing-masing proses pada setiap domain yang bertujuan untuk mendapatkan fokus peningkatan baik dari segi manajemen risiko, manajemen penyesuaian/konfigurasi, manajemen  layanan keamanan, maupun manajemen keamanan yang lebih baik dimasa yang akan datang.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-14

Terbitan

Bagian

##section.default.title##