Efektivitas Computer-Assisted Pronunciation Training (CAPT) untuk Pembelajaran Bahasa Asing pada Anak-Anak
Kata Kunci:
computer-assisted language learning (CALL), computer-assisted pronunciation training (CAPT), pengenalan suara otomatis, kemampuan bicara anak-anak, pembelajaran bahasa asing, penilaian pengucapanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah sistem pelatihan pengucapan berbantuan komputer Computer-Assisted Pronunciation Training (CAPT) dapat membantu pelajar bahasa Inggris pemula untuk meningkatkan keterampilan pengucapan mereka seefektif pelatihan tradisional yang dipimpin oleh guru. Sekelompok siswa berusia 11 tahun yang menerima instruksi pengucapan yang diarahkan oleh guru dibandingkan dengan kelompok yang menerima pelatihan pengucapan dengan bantuan komputer yang menggunakan sistem dengan pengenalan ucapan otomatis. Kedua kelompok menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kualitas pengucapan kata-kata tersendiri, dan mereka juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kualitas pengucapan kata-kata yang dianggap sangat sulit untuk diucapkan dan mungkin asing bagi mereka sebelum pelatihan. Oleh karena itu, pelatihan dengan komponen pengenalan ucapan otomatis sederhana dalam sistem pelatihan pengucapan berbantuan komputer dapat menghasilkan peningkatan pengucapan jangka pendek yang sebanding dengan apa yang dicapai melalui pelatihan pengucapan yang lebih konvensional dan dipimpin oleh guru.