Perancangan Aplikasi E-Commerce pada UD. Rata-Sinuhaji Menggunakan Pendekatan CRM Dengan Model IDIC
Kata Kunci:
CRM, E-COMMERCE, MODEL IDIC, RATA SINUHAJIAbstrak
Rata Sinuhaji adalah toko yang bergerak di bidang penjualan pupuk dan obat obatan pertanian di Berastagi. UD. Rata Sinuhaji masih menggunakan sistem penjualan konvensional. Proses penjualan menjadi kurang efisien dan efektif, UD. Rata Sinuhaji juga belum menerapkan CRM untuk mengelola hubungan dengan pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi e-commerce pada UD. Rata Sinuhaji menggunakan pendekatan CRM dengan model IDIC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi e-commerce yang dirancang dapat membantu UD. Rata Sinuhaji untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses penjualan. Aplikasi e-commerce ini juga dapat membantu UD. Rata Sinuhaji untuk mengelola hubungan dengan pelanggannya secara lebih efektif.