Analisis Sentimen Produk Penjualan Shopee Pada Pengguna Twitter Menggunakan Metode K-Means

Penulis

  • Hotpentalia Nababan Universitas Methodist Indonesia
  • Indra Kelana Jaya Universitas Methodist Indonesia
  • Samuel Manurung Universitas Methodist Indonesia

Kata Kunci:

Twitter, Shopee, K-Means, TF-IDF

Abstrak

Gaya hidup dalam memenuhi kebutuhan dengan membeli secara langsung mulai ditinggalkan sebagai pencegahan untuk mengurangi persebaran covid-19 dengan memanfaatkan jasa jual beli online melalui e-commerce. Platform e-commerce yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah mobile marketplace yaitu Shopee. Pengalaman konsumen dalam mereview produk salah satunya untuk produk skincare yang saat ini tidak terlepas dalam memenuhi kebutuhan pribadi. SKINTIFIC merupakan brand lokal Indonesia yang sedang viral dengan penjualan yang cukup banyak dan berbagai offline store maupun online store juga menyediakan produk ini, karena banyaknya peminat konsumen menggunakan skincare tersebut. Keluhan dan opini pengguna Shopee ini pun disalurkan melalui berbagai sarana salah satunya di Twitter. Aplikasi yang menjadi objek penelitian adalah Twitter yang merupaka salah satunya sarana penyampaian review keluhan dan opini masyarakat pengguna shopee. Metode yang digunakan adalah K-Means Clustering. Pada penelitian ini menggunakan metode TF-IDF untuk pembobotan kata dan metode K-Means Clustering untuk pengelompokkan sentimen positif dan negatif. Berdasarkan hasil, pengelompokkan dibagi menjadi 2 yaitu Cluster Positif dan Cluster negatif. Dengan persentase jumlah cluster positif (C1) 79,5%. Sedangkan persentase jumlah cluster negatif (C2) 19,7%.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31

Terbitan

Bagian

##section.default.title##