e-Book pada Telepon Selular sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris
Kata Kunci:
e-book, English as a foreign language (EFL), Telepon selular, Belajar BahasaAbstrak
Penelitian sebelumnya mengenai e-Book merupakan studi survei terhadap mahasiswa di Amerika Serikat. Temuan utama mereka mengungkapkan bahwa penggunaan e-Book dan penggunaan buku teks cetak tidak menunjukkan perbedaan statistik dalam prestasi belajar. Ketika perangkat seluler menjadi populer di ruang kelas, penelitian ini dimaksudkan untuk mengkonfirmasi sifat kompetitif e-Book pada perangkat seluler dalam sebuah eksperimen. Perbedaan eksperimen kali ini dengan penelitian survei sebelumnya mencakup eksperimen yang melibatkan pembelajar bahasa Inggris pada Pendidikan Tinggi di Indonesia dan menguji pembelajaran mereka dengan buku e-Book di perangkat seluler. Studi eksperimental ini merekrut pelajar di Pendidikan Tinggi untuk berpartisipasi dalam program pembelajaran bahasa Inggris berbantuan seluler yang mengharuskan mereka belajar dengan e-Book di perangkat seluler secara eksklusif sementara rekan mereka menggunakan buku cetak seperti biasa. Temuannya menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan dalam berbagai pencapaian antara kedua kelompok. Kelompok seluler selanjutnya menyetujui pembelajaran bahasa Inggris mereka di perangkat seluler dengan kepuasan dan merasakan kegunaan serta kemudahan penggunaannya. Mendukung daya saing e-Book pada perangkat seluler, para pelajar juga menyoroti kekuatan yang dimiliki oleh teknologi seluler