Metode Quality Function Deployment (QFD) untuk Analisa Tingkat Kepentingan Pelanggan Terhadap Kualitas Produk Kopi Arabica Sanger Pada Sumatra Roastery Berbasis Web

Penulis

  • Nova Sintya Limbong Universitas Methodist Indonesia
  • Doli Hasibuan Universitas Methodist Indonesia
  • Jimmy F Naibaho Universitas Methodist Indonesia

Kata Kunci:

Kualitas, Kepentingan, Produk, Pengembangan, QFD

Abstrak

Sumatra Roastery merupakan salah satu penyedia jasa kedai kopi. Bahan baku yang digunakanpun berasal dari berbagai daerah di Sumatra (Gayo, Sidikalang, Lintong, Mandailing, Lampung). Terdapat 7 menu jenis minuman kopi di Sumatra Roastery. ‘Kopi Arabica Sanger’ menjadi salah satu menu yang paling banyak diminati oleh pelanggan, namun, tentunya produk tersebut membutuhkan peningkatan dalam memberikan kualitas produk yang terbaik bagi pelanggan. Namun, karena belum adanya sistem yang dapat dalam mengukur nilai kepuasan dan tingkat kepentingan produk berdasarkan keinginan pelanggan di Sumatra Roastery maka, hal tersebut menimbulkan sebuah masalah bagi perusahaan dan dapat mengurangi minat pelanggan untuk membeli produk tersebut. Metode Quality Function Deployment merupakan metode yang digunakan untuk perencanaan, evaluasi, dan pengembangan QFD, produk terstruktur yang memungkinkan tim pengembang untuk menentukan kebutuhan dan keinginan konsumen dengan jelas, agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan para konsumen. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis web yang dapat menghasilkan laporan berisi penilaian pelanggan berkaitan dengan produk terhadap variabel, seperti : rasa, warna, aroma, kekentalan, aftertaste, harga, wadah, dan bahan baku.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-31

Terbitan

Bagian

##section.default.title##