Pengukuran Kualitas Layanan Website Dengan Metode Webqual (Studi Kasus :Sistem Informasi Akademik Universitas Methodist Indonesia)
Kata Kunci:
Webqual, Website, Sistem Informasi Akademik, Kualitas LayananAbstrak
Perkembangan teknologi internet dalam penerapan teknologi pada intitusi Pendidikan berkembang dengan pesat sehingga kebutuhan akan kualitas pelayanan informasi kepada mahasiswa perlu di perhatikan. Website sendiri merupakan salah satu bentuk media massa yang di publikasikan melalui jaringan internet yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Kelebihan Website inilah yang saat ini banyak dikembangkan oleh berbagai institusi pendidikan menjadi sebuah Sistem Informasi Akademik yang dapat diakses secara online. Akan tetapi, banyak dari layanan berbasis Web yang telah diterapkan belum bisa memberikan hasil yang maksimal bagi organisasi. Untuk mengetahui kualitas sebuah Website maka perlu dilakukan pengukuran kualitas Website berdasarkan penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas Website akademik yang dimiliki oleh Universitas Methodist Indonesia. Instrumen yang digunakan diadopsi dari metode WEBQUAL yang terdiri dari 3 variabel, yaitu usability, information quality, dan interaction quality.Dari hasil pengujian keusioner terhadap 366 responden dengan uji reliabilitas maka dapat hasil yang baik pada setiap variable, yaitu Cronbach’s Alpha Variabel Usability 1,104, Cronbach’s Alpha Variabel Information Quality 1,131, dan Cronbach’s Alpha Variabel Interaction Quality 1,131. Dengan menerapkan langkah pengukuran pada metode WEBQUAL, maka pihak manajemen Universitas Methodist Indonesia dapat mempertahankan atau melakukan Langkah-langkah meningkatkan kualitas layanan berbasis Web lebih baik lagi dan penelitian ini selanjutnya dapat dijadikan rujukan untuk penelitian sejenis pada bidang yang lain.