Penerapan Market Basket Analysis Dengan Metode Apriori Pada Toko Buku Selecta

Penulis

  • Alviana Sundari Sihombing Universitas Methodist Indonesia
  • Darwis R Manalu Universitas Methodist Indonesia
  • Arina Prima Silalahi Universitas Methodist Indonesia

Kata Kunci:

Toko Buku Selecta, Data mining, Algoritma Apriori, Asosiasi

Abstrak

Toko Buku Selecta merupakan salah satu dari sekian banyak toko yang menyediakan berbagai jenis buku. Proses penjualan juga masih dilakukan secara offline dimana pelanggan harus mengunjungi toko untuk melakukan pembelian sehingga penjualan tidak dapat dilakukan kepada pelanggan yang jauh dari toko. Proses pencatatan data yang masih menggunakan buku besar membuat Toko Buku Selecta kesulitan membuat laporan penjualan karena harus mengumpulkan data transaksi yang ada di buku besar, hal tersebut juga menyebabkan sulit untuk mengetahui stok buku yang tersedia karena harus memeriksa setiap transaksi penjualan pada buku besar. Oleh karena itu, Toko Buku Selecta membutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat menangani dalam mengelola data penjualan buku secara online atau berbasis web sehingga pelanggan dapat dengan mudah melihat data buku, stok serta melakukan pemesanan buku secara online. Dengan memiliki sistem informasi toko buku selecta dapat memudahkan pengguna dalam mengelola data buku dan menyimpan data pelanggan yang telah melakukan transaksi. Teknik data mining telah banyak digunakan untuk mengatasi permasalahan yang ada salah satunya dengan penerapan Algoritma A-priori untuk menemukan aturan association yang terbentuk dari dataset transaksi pembelian buku. Sehingga akan diketahui keterkaitan asosiasi antar judul buku yang dibeli. Keluaran yang dihasilkan berupa software yang mampu melakukan analisis data mining dengan menggunakan Algoritma Apriori.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-30

Terbitan

Bagian

##section.default.title##