Analisas Kepuasan Pelanggan menggunakan Algoritma C 4.5 Berbasis Mobile

Penulis

  • Anjelina Sagita Sihombing Universitas Methodist Indonesia
  • Indra Kelana Jaya Universitas Methodist Indonesia
  • Jhoni Maslan Hutapea Universitas Methodist Indonesia
  • Naikson F Saragih Universitas Methodist Indonesia
  • Imelda Sri Sinaga Universitas Methodist Indonesia

Kata Kunci:

Algoritma C 4.5, kuesioner, Kepuasan pelanggan, Pengelompokkan, Decision tree

Abstrak

Kepuasan pelanggan sangat penting dalam industri jasa maupun barang yang mengutamakan pelayanan bagi konsumen. Kepuasan pelanggan dapat meningkatkan daya saing perusahaan dalam kegiatan bisnis. Pasar Swalayan Metro Medan adalah perusahaan yang bergerak di bidang ritel. Pasar Swalayan Metro Medan, masih sulit mendapatkan informasi akan tingkat kepuasan konsumennya. Pihak manajer swalayan mengharapkan adanya sistem yang mampu menghasilkan suatu informasi bertujuan membantu menentukan langkah strategis yang harus diambil. Manajer ingin mengetahui sejauh mana kepuasan konsumen selama berbelanja di Pasar Swalayan Metro Medan. Algoritma C 4.5 dapat digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelangaan di Pasar Swalayan Metro. Kepuasan pelanggan diukur dengan menggunakan atribut yang mempengaruhi yaitu produk; pelayana; dan loyalitas. Hasil pengukuran adalah puas dan tidak puas. Algoritma C 4.5 sangat optimal digunakan untuk mengelompokkan tingkat kepuasan pelanggan yaitu puas dan tidak puas berdasarkan 200 kuesioner dengan data 140 data latih dengan 60 data uji.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-30

Terbitan

Bagian

##section.default.title##