Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Menggunakan Model E- Marketplace Berbasis Mobile Studi Kasus Pada Wilayah Tarutung

Penulis

  • Ricky Nababan Universitas Methodist Indonesia
  • Jimmy F Naibaho Universitas Methodist Indonesia
  • Yolanda Rumapea Universitas Methodist Indonesia
  • Nettina Samosir Universitas Methodist Indonesia

Kata Kunci:

UMKM Tarutung, PHP, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Metode UCD, appgyser

Abstrak

Metode yang digunakan pada kasus ini adalah model metodologi UCD (User Centered Design). UCD (User Centered Design) adalah sebuah filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari sebuah proses pengembangan sistem. Setelah dilakukan analisis data, tahap selanjutnya dilakukan perancangan system dengan konsep CRM. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi yang berbasis Mobile dan bahasa program yang digunakan untuk pembuatan website ini adalah PHP dan database yang digunakan adalah MySQL. Dan untuk aplikasi Mobile nya dibuat dengan mengkonversi halaman web menjadi sebuah aplikasi dengan menggunkan appgyser. Aplikasi ini dibangun untuk melakukan proses jual beli produk yang ada di UMKM Tarutung.Untuk pemesanannya pelanggan tinggal memilih produk yang di inginkan dan melakukan proses pemesanan. Proses pembayaran transaksi penjualan barang antara pihak toko dengan pelanggan adalah dengan sistem transfer rekening, dan setelah pelanggan melakukan pembayaran maka pelanggan wajib mengkonfirmasipembayaran lewat form pembayaran.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Terbitan

Bagian

##section.default.title##