Perancangan Aplikasi E-Ticket Pada Tiomaz Trans Dengan Pendekatan Customer Relationship Management

Penulis

  • Heryanto Panjaitan Universitas Methodist Indonesia
  • Humuntal Rumapea Universitas Methodist Indonesia
  • Indra Kelana Jaya Universitas Methodist Indonesia
  • Indra M Sarkis Universitas Methodist Indonesia
  • Posma Lumbanraja Universitas Methodist Indonesia

Kata Kunci:

E-ticket, CRM, Pelayanan Customer, Perancangan

Abstrak

Tiomaz Trans adalah sebuah perusahaan yang bergerak bidang transportasi dan berkedudukan di Sumatera Utara. Perusahaan ini menawarkan jasa angkutan penumpang yang melayani rute dari Medan menuju Pematangsiantar, Balige, Tarutung dan Sibolga. Kendala yang dialami perusahaan dalam melayani customer antara lain pemesanan tiket yang manual, informasi jadwal keberangkatan yang belum efektif, dan kurangnya pelayanan yang disediakan dari Tiomaz Trans. Perancangan Aplikasi E- ticket dapat menjadi solusi untuk mempermudah pengelolaan customer yang terkait dengan pemesanan tiket, informasi jadwal keberangkatan untuk meningkatkan pelayanan perusahaan. Dengan aplikasi mobile ini, customer dapat dengan mudah memperoleh informasi tentang semua layanan yang ada pada Tiomaz Trans kapanpun dan dimanapun berada. Ini merupakan aplikasi berbasis mobile dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database-nya. Dalam aplikasi ini disesuaikan dengan kebutuhan dari customer atau pengguna jasa. Desain aplikasi pemesanan tiket dan penjadwalan keberangkatan bus, customer dapat informasi yang akurat karena informasi yang tersedia terus diperbarui dan customer atau pengguna jasa dapat memesan tiket di aplikasi mobile ini. Dengan adanya konsep CRM dimaksudkan dengan membuat aplikasi yang dapat melakukan pemesanan tiket serta melihat informasi pejadwalan keberangkatan bus untuk meningkatkan pelayanan perusahaan kepada penumpang.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-31

Terbitan

Bagian

##section.default.title##