Rancang Bangun Aplikasi CRM Pada Toko Rezeki Retail Berbasis Android

Penulis

  • Putra Prima Ginting Universitas Methodist Indonesia
  • Doli Hasibuan Universitas Methodist Indonesia
  • Asaziduhu Gea Universitas Methodist Indonesia
  • Benget Rumahorbo Universitas Methodist Indonesia
  • Mufria J Purba Universitas Methodist Indonesia

Kata Kunci:

Nilai pelanggan, CRM, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstrak

Rezeki retail adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam penjualan online terutama penjualan elektronik yang berkedudukan di medan. perusahaan ini menawarkan belanja online melalui aplikasi android dalam bisnis tidak hanya terjadi pada penjualan produk, akan tetapi juga dalam persaingan untuk mendapatkan pelanggan. Setiap perusahaan akan selalu berusaha secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Kepuasan pelanggan salah satu faktor penting agar perusahaan tersebut menjadi sukses. Customer Relationship Management sangat penting untuk membina hubungan antara pelanggan dan pihak penjual serta memberikan informasi yang dilakukan oleh pelanggan. Jika kebutuhan pelanggan secara terus menerus dapat dipenuhi, maka akan menjadi loyal atau setia pada suatu produk. Oleh karena itu Perusahaan berlomba dalam meningkatkan post sales service yang dimilikinya, persaingan tersebut juga dirasakan oleh objek penelitian dalam meningkatkan kesetiaan para pelanggannya. Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan aplikasi mobile. Tahap yang akan dilakukan adalah menganalisis permasalahan untuk mendapatkan kebutuhan klien, lalu akan dilakukan analisa perancangan sistem, dan terakhir akan dibangun sebuah aplikasi sebagai jawaban permasalahan tersebut. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah penggunaan aplikasi berbasis Android sebagai solusi dari permasalahan yang terjadi, Setiap ulasan yang diberikan oleh pelanggan akan dapat dilihat oleh admin melalui halaman laporan kepuasan pelanggan, menerapkan sistem membership berupa pemberian poin bagi pelanggan yang setia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-31

Terbitan

Bagian

##section.default.title##