Implementasi Customer Relationship Management Pada Sistem Reservasi Penginapan Pariban Lau Sidebuk Debuk Berbasis Mobile

Penulis

  • Antonius Simanjuntak Universitas Methodist Indonesia
  • Doli Hasibuan Universitas Methodist Indonesia
  • Surianto Sitepu Universitas Methodist Indonesia
  • Jhoni Maslan Universitas Methodist Indonesia

Kata Kunci:

Reservasi, CRM, Mobile

Abstrak

Pariban merupakan salah satu usaha yang bergerak pada pelayanan jasa dalam bisnis Pariwisata, yang berada di Desa Semangat Gunung, Jaranguda, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Dalam proses pemesanannya masih secara manual yaitu dengan cara mendatangi Pariban secara langsung atau reservasi via telepon oleh pelanggan untuk mengetahui ketersediaan kamar, harga kamar dan pesan kamar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metodologi Waterfall, Sistem yang dirancang dipadukan dengan penerapan Customer Relationship Management (CRM). Pada saat implementasi sistem, hasil dari pengujian sistem yang telah diusung dapat mempermudah Pariban dalam menyampaikan informasi, pencatatan data transaksi, pembuatan laporan. Untuk pelanggan pemesanan kamar dapat dilakukan dengan mudah.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-31

Terbitan

Bagian

##section.default.title##