Perancangan Aplikasi Penjualan Bahan Bangunan Dengan Metode USG Dengan Pendekatan CRM (Studi Kasus Di UD. Sitepu)

Penulis

  • Hadi Ginting Universitas Methodist Indonesia
  • Indra Kelana Jaya Universitas Methodist Indonesia
  • Jhoni M Hutapea Universitas Methodist Indonesia

Kata Kunci:

CRM, Penjualan, USG, UD.Sitepu

Abstrak

CRM (customer relationship management) merupakan suatu strategi pemasaran modern yang berorientasi kepada Pelanggan yang didalamnya terdapat 3 proses penting dalam bisnis yaitu proses GET, KEEP, dan GROW. Ketiga proses tersebut akan diterapkan pada Penjualan Bahan Bangunan yang selama ini berjalan masih menggunakan cara konvensional baik itu dalam hal penjualan dan pemesanan, dan pengelolaan pelanggan. Penjualan juga masih melakukan promosi malalui mulut ke mulut sehingga jangkauan promosi dan penjualan masih terbatas dan belum bisa meluas. Disamping itu penjual tidak mempunyai catatan pasti mengenai pemasukan penjualan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan, (1) Merancang sistem informasi pemesanan bahan baku bangunan berbasis web dengan menerapkan strategi CRM dan metode USG. (2) Mengimplementasikan sistem informasi pemesanan bahan baku bangunan berbasis web dengan menerapkan strategi CRM dan metode USG. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Perancangan sistem yang digunakan adalah UML (Unified Modeling Language), bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan MySql sebagai databasenya. Sedangkan untuk mengelolah pelanggan menerapkan strategi CRM serta penentuan skala prioritas menggunakan metode USG. Hasil dari penelitian ini adalah Perancangan Aplikasi Pemasaran Bahan Bangunan Dengan Metode USG Dengan Pendekatan CRM. Dengan adanya penjualan yang berbasis website ini dan dengan dukungan penerapan CRM dan metode USG maka sistem ini dapat membantu penjual bahan bangunan dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Terbitan

Bagian

##section.default.title##