Pengaruh Price Earning Ratio, Earning per Share, Return on Equity, dan Debt to Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan pada Sub Sektor Periklanan, Percetakan dan Media yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2020

Authors

  • Rizky Oprandi Habibie Tanjung Universitas Methodist Indonesia
  • Robinhot Gultom Universitas Methodist Indonesia
  • Saur Melianna Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Price Earning Ratio, Earning per Share, Return on Equity, Debt to Equity Ratio, Firm Value

Abstract

Penelitian ini menguji Pengaruh Price Earning Ratio, Earning Per Share, Return on Equity dan Debt To Equity Ratio terhadap Nilai Perusahaan Sub Bidang Periklanan, Percetakan dan Media yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020. Metode penentuan sampel dengan purposive sampling, didapatkan sebanyak 10 perusahaan. Metode analisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian secara parsial Price Earning Ratio tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, Earning Per Share tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, Return on Equity tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan Debt To Equity Ratio tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara simultan Price Earning Ratio, Earning Per Share, Return on Equity dan Debt To Equity Ratio tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan nilai R square sebesar 0,061 atau sebesar 6,1%, yang berarti variabel dependen nilai perusahaan dipengaruhi oleh tiga independen yaitu Price Earning Ratio, Earning Per Share, Return on Equity dan Debt To Equity Ratio. Artinya masih terdapat variabel bebas lain sebesar 93,9% yang lebih baik menjelaskan variabel terikat tersebut yaitu nilai perusahaan di luar penelitian ini.

Published

2025-03-01

Issue

Section

Jurnal Ilmu Manajemen METHONOMIX