Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Usaha Mandiri Penjualan Parfum pada Parfum Premium Bekasi

Penulis

  • Sarah Bhiba Universitas Siber Asia
  • Ratih Anggoro Wilis Universitas Siber Asia
  • Yusuf Setyadi Universitas Siber Asia

Kata Kunci:

Analisis SWOT, Deskriptif Kualitatif, Instagram, Pemasaran, Toko Online

Abstrak

Strategi pemasaran membutuhkan kombinasi antara pemahaman terhadap pasar, kreativitas dalam promosi, perhatian terhadap standar kualitas produk, dan tanggap perubahan pasar di mana strategi pemasaran menjadi pendorong utamanya. Dalam mengatasi hambatan pemanfaatan dari kekuatan pemasaran digital melalui media sosial seperti Instagram dengan iklannya secara online dapat membantu kesadaran merek yang kuat di mana kepuasan konsumen menjadi fokus. Preferensi dan promosi dibuat untuk membangun program loyalitas yang menarik dan mempertahankan konsumen yang sudah ada dengan penawaran khusus, diskon atau promosi terbatas waktunya untuk mendorong pembelian ulang dan menciptakan loyalitas konsumen untuk strategi pemasaran di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara deskriptif kualitatif terhadap strategi pemasaran, kendala-kendala, dan solusi-solusi yang digunakan dalam meningkatkan penjualan pada produk-produk usaha mandiri penjualan parfum yang berlokasi di Parfum Premium Bekasi, Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur pada konsumen aktif dan observasi langsung di lapangan terhadap perilaku konsumen saat berbelanja melalui online. Analisis data menggunakan teknik analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats). Hasil penelitian menunjukkan usaha mandiri Parfum Premium Bekasi sudah dinilai cukup berhasil dalam pertumbuhan penjualan, memperkuat posisi di pasar parfum yang bersaing, dan memberikan pengalaman memuaskan bagi pelanggan, terlebih pemanfaatan media online berupa Instagram yang mampu meningkatkan penjualan. Kendala yang dihadapi meliputi kurangnya inovasi produk dan variasi yang ditawarkan, perubahan kualitas produk atau layanan, dan perubahan ekonomi yang memengaruhi preferensi pelanggan. Solusi dari permasalahan yang ada adalah dengan memahami preferensi pelanggan dan tren pasar untuk meningkatkan minat beli memalui pengawasan intensif terhadap kualitas produk dan layanan pelanggan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-30

Terbitan

Bagian

Majalah Ilmiah METHODA