Kajian Opini Publik Terhadap Tayangan Clash of Champions Menggunakan Support Vector Machine
Kata Kunci:
Opini Publik, Sentimen Analisis, Clash of Champions, Support Vector MachineAbstrak
Penelitian ini mengkaji tanggapan penonton terhadap program edukatif Clash of Champions yang diproduksi oleh Ruangguru dan terinspirasi dari format Korea Selatan University War. Melalui konsep kompetisi akademik interaktifnya, Clash of Champions berhasil menarik minat publik, memicu berbagai reaksi di media sosial, dan memberikan dasar untuk melakukan kajian opini guna memahami pandangan penonton. Penelitian ini menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM) untuk mengklasifikasikan komentar warganet pada platform X (Twitter) menjadi sentimen positif, negatif, dan netral. Proses pengolahan data meliputi pengumpulan data melalui scraping, text preprocessing, dan pembobotan kata menggunakan algoritma Term Frequency-Inverse Document Frequency (TF-IDF). Evaluasi model dengan metrik akurasi, precision, recall, dan F1-score menunjukkan berbagai opini penonton, dengan mayoritas menunjukkan sentimen positif terhadap inovasi edukatif program tersebut. Model ini mencapai akurasi sebesar 79%, precision 79%, recall 95%, dan F1-score 86% untuk klasifikasi sentimen positif. Hal tersebut mengindikasikan apresiasi yang kuat dari publik terhadap nilai edukatif program ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembang konten pendidikan untuk menciptakan program yang edukatif dan menarik.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rahmat Hidayat, Ibnu Daqiqil Id, Fahira Putri Amanda, Daffa Ayu Mumtaza, Mhd Aqshal Maulana, Abyan Abdullah Tamir, Imam Firmansyah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






