PENGARUH PELATIHAN DAN GAYA KEPEMIMPINANTERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA II TANJUNG MORAWA

Authors

  • Jon Henri Purba Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Pelatihan, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Pegawai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan gaya kepemimpinan yang berpengaruh secara serempak terhadap kinerja pegawai PT. Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa dan variabel mana yang dominan mempengaruhi kinerja pegawai PT. Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa serta membandingkan teori dengan keadaan sebenarnya di lapangan.Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder, yaitu dengan pengamatan (observation), angket (kuisioner) dan studi kepustakaan. Peneliti menggunakan angket berstruktur sebagai alat/instrumen untuk memperoleh data primer (kualitatif) dengan sistem skala likert yang disebarkan kepada 65 orang responden.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa Pelatihan dan Gaya Kepemimpinan secara serempak (simultan) berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja pegawai PT. Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa pada tingkat kepercayaan 95% atau tingkat signifikan 5% sesuai dengan hasil F hitung 6,398 > F tabel 3,23 dengan sig. F 0,003 < α 5%.

Hasil uji – t menunjukkan bahwa Pelatihan dan Gaya Kepemimpinan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai PT. Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa. Artinya, peningkatan pelatihan dan gaya kepemimpinan diikuti dengan kenaikan kinerja pegawai PT. Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa.

Secara parsial bahwa variabel pelatihan memiliki pengaruh dominan dibandingkan dengan variabel gaya kepemimpinan. Koefisien determinasi (Adjusted R Square) hasil regresi adalah 33,4% menunjukkan bahwa variabel bebas 33,4% dapat menjelaskan 33,4% terhadap variabel terikat (kinerja pegawai). hal ini menyatakan bahwa hipotesis sebelumnya diterima.

Published

2016-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI