ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP TARGET PENJUALAN PADA PT. MASSINDO KARYA PRIMA MEDAN

Authors

  • Sahat P. Remus Silalahi Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Produk, Harga, Saluran Distribusi, Promosi, Penjualan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh dari strategi pemasaran terhadap volume penjualan pada PT. Massindo Karya Prima Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan regresi linier berganda.

Dari hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut: Secara parsial, strategi produk dan strategi harga pada PT. Massindo Karya Prima berpengaruh terhadap penjualan produk, sedangkan strategi distribusi dan strategi promosi berpengaruh tidak nyata. Secara serempak variabel strategi promosi, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi promosi berpengaruh nyata terhadap penjualan produk. Sebesar 70,70 % dari perubahan penjualan dapat dijelaskan oleh perubahan strategi produk, harga, distribusi, dan promosi secara serempak. Sedangkan sebagian lagi (29,30 %) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan sebagai variabel dalam penelitian. Perusahaan kurang mampu memenuhi jumlah permintaan atas produk, padahal permintaan atas produk cukup tinggi. Keadaan tersebut disebabkan kapasitas produksi perusahaan terlalu rendah dibanding dengan jumlah permintaan. Disamping itu, kapasitas produksi yang terdapat pada perusahaan juga sering tidak dapat dimanfaatkan sepenuhnya sebagai akibat adanya gangguan produksi. Perusahaan juga kurang memperhatikan persaingan harga, karena harga produk yang ditawarkan perusahaan terlalu tinggi. Perusahaan tidak dapat menetapkan harga yang lebih bersaing sebagai akibat tingginya biaya produksi dan biaya operasional.

Published

2016-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI