PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. JASA MARGA (PERSERO) Tbk MEDAN

Authors

  • Esterlina Hutabarat Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Motivasi, Produktivitas Kerja Karyawan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi terhadap peningkatan produktivitas kerja karyawan pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja tetap yang terdapat pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Medan, dengan jumlah sampel sebanyak 84 karyawan. Variabel penelitian adalah motivasi dan produktivitas kerja.

Masalah yang akan diteliti adalah pengaruh motivasi yang diterapkan terhadap peningkatan produktivitas kerja karyawan. Berdasarkan hal tersebut penulis membuat hipotesis yaitu motivasi yang diterapkan pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Medan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan penulis untuk menganalisis data adalah metode analisis deskriftif dan metode analisis regresi linear sederhana yaitu dengan menggunakan variabel independen/bebas (X) dan variabel dependen/terikat (Y) dan pengunaan koefisien determinasi.

Hasil dari penelitian diketahui nilai koefisien determinasi sebesar 0,143. Nilai tersebut berarti faktor motivasi mampu menjelaskan variabel produktivitas kerja sebesar 14,3%, sisanya sebesar 85,7% dijelaskan oleh faktor lain, seperti gaji, lingkungan kerja, dan sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian, variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan.

Published

2016-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI