PERANAN PENJUALAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. INDAKO TRADING CO MEDAN

Authors

  • Ponti Panggabean Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Volume Penjualan, Strategi Promosi

Abstract

Setiap pemasaran suatu produk membutuhkan adanya strategi promosi yang baik dan kuat agar tujuan dan sasaran perusahaan di bidang pemasaran dapat berjalan dengan baik. Mengingat pentingnya kebijakan promosi tersebut untuk perusahaan maka penulis membuat judul : “Peranan Penjualan Pribadi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT. Indako Trading Co. Medan “.Dimana yang menjadi masalah dalam pembahasan ini adalah strategi promosi pada PT. Indako Trading Co Medan yang menyebabkan target penjualan sepeda motor tidak terealisasi dengan baik. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi promosi secara khusus penjualan pribadi dalam meningkatkan volume penjualan demi memperoleh laba maksimal pada PT. Indako Trading Co Medan.Adapun penelitian dilakukan di PT. Indako Trading Co Medan pada bulan April 2011- bulan Juli 2015 melalui observasi dan interview langsung terhadap manajer yang memberikan keterangan yang dibutuhkan sebagai data yang m,endukung dalam penulisan ini. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis deduktif.Adapun yang dibahas dalam penulisan ini adalah bahwa strategi promosi secara khusus penjualan pribadi yang dilakukan pada PT. Indako Trading Co Medan masih belum berjalan efektif. Sehingga menyebabkan tujuan perusahaan yang salah satunya untuk memperoleh laba maksimal tidak terealisasi dengan baik. Salah satu hal itu dapat dibuktikan melalui kebijakan promosi (penjualan pribadi) yang dimiliki oleh PT. Indako Trading Co Medan yang tidak menentu setiap tahun, sehingga menyebabkan jumlah volume penjualan tidak meningkat secara kontinue. Dan setelah dilakukan peninjauan dan penelitian maka penulis dapat menyimpulkan bahwa penyebab terjadinya masalah tersebut adalah kurangnya kemampuan perusahaan dalam menetapkan strategi promosi yang efektif di dalam perusahaan sehingga menyebabkan tujuan perusahaan masih belum berlajan dengan baik.

Published

2016-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI