PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PT. BANK MANDIRI CABANG KRAKATAU MEDAN

Authors

  • Selamat Siregar Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Strategi Pemasaran, Jumlah Nasabah

Abstract

Strategi pemasaran mempunyai hubungan dengan peningkatan nasabah, karena strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan usaha perusahaan umumnya dan bidang pemasaran khususnya. Strategi pemasaran yang ditetapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Strategi pemasaran harus memberi gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang akan dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau peluang pada beberapa pasar sasaran.

Jenis penelitian ini adalah penelitian survei menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan kausal antara variable-variabel penelitian dengan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang bertujuan untuk menganalisis secara kuantitatif pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT. Bank Mandiri Cabang Krakatau Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada PT. Bank Mandiri Cabang Krakatau Medan dan yang dijadikan sebagai sampel adalah seluruh karyawan yang berjumlah 48 orang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap jumlah nasabah. Hal ini diindikasikan oleh nilai t-hitung (12.630) > t-tabel = 1.72 dan p- value (0.000) < sig-α (0.05). Besarnya kontribusi strategi pemasaran terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT. Bank Mandiri Cabang Krakatau Medan adalah sebesar 77.6%. Kepada PT. Bank Mandiri Cabang Krakatau Medan, disarankan untuk lebih meningkatkan pegawasan dalam menerapkan strategi pemasaran sehingga peningkatan jumlah nasabah dapat dicapai secara lebih efisien.

Published

2015-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI