ANALISIS STRATEGI PENETAPAN HARGA DAN PENGARUHNYA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. NUTRICIA INDONSESIA SEJAHTERA MEDAN

Authors

  • Henri Saragih Universitas Methodist Indonesia

Keywords:

Strategi, Penetapan Harga, Volume Penjualan

Abstract

Harga produk merupakan nilai uang yang dibayar konsumen atas manfaat yang diperoleh dari suatu produk, dan metupakan satu-satunya variabel pemasaran yang dapat dikendalian perusahaan. Setiap perbedaan harga akan mengubah permintaan atas produk oleh konsumen sehingga penetapan harga harus dipertimbangkan dengan baik sesuai dengan tujian perusahaan. Masalah yang di bahas adalah: terjadi penurunan volume penjualan dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2012.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien regresi variabel harga jual produk adalah 1,994 untuk produk Nutrilon Royal. Artinya, setiap peningkatan harga jual sebesar Rp. 1 akan menurunkan volume penjualan sebesar 1,994 unit produk Nutrilon Royal. Koefisien determinasi (R Square) antara harga produk dengan volume penjualan adalah sebesar 0,940 untuk produk Nutrilon Royal. Artinya, untuk produk Nutrilon Royal sebesar 94,00 % dari perubahan volume penjualan dapat dijelaskan oleh perubahan variabel harga jual produk. Nilai t-hitung dari koefisien regresi adalah sebesar 6,882 untuk produk Nutrilon Royal, lebih besar dari nilai t-tabel 5 % sebesar 2,324, sehingga diputuskan untuk menolak H0 dan menerima H1. Hipotesis yang menyatakan bahwa harga jual produk berpengaruh negatif dan nyata terhadap volume penjualan produk pada PT. Nutricia Indonesia Sejahtera Medan dapat diterima pada tingkat kepercayaan 95 %. Permintaan terhadap produk perusahaan cukup sensitif terhadap perubahan harga jual, dimana persentase penurunan kuantitas penjualan produk lebih cepat atau lebih besar dibanding dengan persentase peningkatan harga jual, sehingga setiap peningkatan harga jual menyebabkan penurunan volume penjualan secara nyata. Penentuan harga jual produk pada perusahaan terlalu dipengaruhi oleh faktor biaya produksi dan kurang mempertimbangkan permintaan pasar.

Published

2015-12-31

Issue

Section

Jurnal Ilmiah METHONOMI